Apakah Jerawat Itu?

Menghilangkan Jerawat Pada Wajah Ingin tahu apakah Jerawat itu? Jerawat adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh berbagai kondisi yang menyebabkan timbulnya peradangan pada area kulit. Tingkat peradangan yang ditimbulkan oleh Jerawat juga bervariasi tergantung dari penyebab utamanya.

Penasaran tentang penyebab Jerawat, macam jenisnya dan cara untuk menghilangkan Jerawat? Berikut ini penjelasannya.

Indeks :

Apa Saja Penyebab Jerawat


Ternyata banyak faktor yang menyebabkan timbulnya Jerawat di kulit. Penyebab Jerawat di kulit bukan hanya karena kotoran yang menyumbat pori-pori saja akan tetapi bisa ditimbulkan oleh faktor hormon, misalnya ketika hormon androgen yang terlalu aktif sehingga menyebabkan produksi minyak berlebihan. Ada juga karena faktor genetik. Jika kamu ingin tahu bagaimana cara alami menyembuhkan jerawat pada kulit wajah silahkan baca artikel sebelumnya tentang Cara Menghilangkan Jerawat.

Lebih lanjut mengenai macam-macam penyebab Jerawat adalah :


Malas Membersihkan Kulit


Dimana-mana yang namanya malas memang tidak baik, buktinya karena malas untuk membersihkan kulit wajah maka bisa dipastikan akan timbul Jerawat. Kotoran dan minyak yang terdapat dilapisan luar kulit yang tidak dibersihkan secara maksimal hanya akan menjadi lahan subur bagi Jerawat untuk tumbuh.
Kulit yang kotor adalah salah satu pemicu Jerawat tumbuh.


Produksi minyak berlebih


Yang bertanggung jawab akan minyak yang keluar dari pori-pori manusia adalah hormon androgen. Jika kelenjar minyak pada kulit kita menghasilkan minyak berlebihan, maka yang perlu diwaspadai adalah ketika minyak tersebut tidak dapat kita bersihkan secara total sehingga akan menyumbat pori-pori. Dan jika minyak mulai terikat dengan debu, kulit mati atau kotoran lainnya maka selanjutnya akan terbentuk komedo dan tentunya Jerawat mulai tumbuh.

Jika jenis muka kamu sangat berminyak jangan malas untuk selalu membersihkannya karena minyak lebih mudah mengikat kotoran dan sel kulit mati sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan Jerawat.


Bakteri Jerawat


Bakteri penyebab Jerawat adalah propionibacterium acne, bakteri ini yang menyebabkan iritasi atau radang dan biasanya terdapat pada kelenjar sebaceous. Ketika kelenjar sebaceous terserang bakteri, kelenjar tersebut mulai membengkak dan jika nanti akhirnya pecah akan meninggalkan bekas pada kulit. Orang biasanya menyebut jerawat jenis ini dengan jerawat batu. Wikipedia


Kosmetik


Memakai kosmetik sih sah-sah saja, tapi yang perlu diperhatikan adalah apakah kosmetik yang kamu pakai itu mengandung bahan-bahan yang berbahaya atau tidak. Biasanya kosmetik yang berbentuk cream atau foundation yang menutup pori-pori, oleh karena itu pastikan selalu membersihkannya dengan sempurna dari kulit kamu ketika selesai memakai kosmetik agar jangan sampai menyumbat pori-pori kulit yang akhirnya nanti hanya akan menimbulkan Jerawat.

Gunakan pembersih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan bersihkan kulit dengan air mineral jangan dengan air ledeng karena ditakutkan akan mengandung bakteri lain yang bisa mengganggu kesehatan kulit dan Jerawat tumbuh.


Handphone


Hampir semua orang sekarang ini memiliki handphone, smatphone, tablet atau apalah nama lainnya dari gadget yang selalu mengisi keseharian hidup kita. Namun tahukah kamu jika perangkat keras tersebut menjadi salah satu penyebab dari kulit wajah kita menjadi Jerawatan? itu semua bisa terjadi karena ketidak sterilan dari handphone yang kita gunakan. Bersihkan secara rutin dengan menggunakan alkohol dan usahakan jika menelpon jangan terlalu menempelkan di pipi kamu.


Tekanan Pikiran atau Stress


Jika kamu sedang dalam tekanan pikiran yang berlebih atau mengalami stress, biasanya Jerawat akan mulai tumbuh di kulit kamu. Hal itu bisa terjadi karena adanya ketidak seimbangan hormon dalam tubuh kamu yang dipicu karena stress tersebut. Itu mengapa ketika kamu sedang jatuh cinta dan terlalu memikirkan si "dia" maka Jerawat yang akan datang bertamu menemui kamu. :)

Jalani hidup dengan rileks dan santai serta terapkan pola hidup yang sehat untuk kesehatan kulit dan mencegah Jerawat datang.


Genetika


Jerawat yang timbul bisa juga disebabkan oleh faktor genetika. Hal itu terjadi ketika di silsilah keluarga seperti ayah atau ibu kamu pernah memiliki penyakit kulit Jerawat yang kemudian dialami oleh anak dan keturunannya. Jerawat yang disebabkan oleh faktor genetik sangat jarang terjadi dan biasanya lebih sulit untuk disembuhkan.


Jenis-Jenis Jerawat


Jerawat memiliki bermacam jenis dan namanya dibedakan menurut penyebab serta bentuknya. Berikut ini macam-macam atau jenis Jerawat :


Jerawat Batu


Yang dinamakan Jerawat Batu atau Crystic Acne adalah jenis Jerawat yang meradang dan bentuknya besar-besar. Penyebab Jerawat Batu biasanya karena faktor genetik yang diturunkan dari silsilah keluarga. Penderita Jerawat Batu memiliki kelenjar minyak yang over produktif sehingga kulit terlihat sangat berminyak. Ciri lainnya dari Jerawat Batu adalah bekas jerawat dalam yang ditinggalkan sehingga kulit menjadi bopeng. Regenerasi sel kulit penderita Jerawat Batu biasanya sangat lambat dan tidak seperti pada kulit normal pada umumnya.


Jerawat Normal


Jerawat normal adalah Jerawat yang biasa timbul pada wajah dengan bentuk tonjolan kecil-kecil berwarna kemerahan. Jerawat Normal disebabkan oleh bakteri propionibacterium acne yang terdapat dalam pori-pori kulit yang tersumbat karena minyak dan kotoran.


Komedo


Komedo terbagi dari dua jenis yakni, Komedo Terbuka dan Komedo Tertutup. Komedo Terbuka atau blackheads berupa pori-pori besar pada kulit wajah yang menghitam sedangkan Komedo Tertutup adalah tonjolan putih pada pori-pori yang disebabkan oleh pelepasan substansi kimia dari kelenjar minyak dan sel-sel kulit mati.

Jangan mengutak-atik komedo dengan jari atau kuku yang hanya akan memperparah keadaan kulit wajah. Pakai alat yang sesuai untuk mengangkat komedo dan lebih baik dengan menghubungi dokter kulit atau dermatologi.


Cara Menghilangkan Jerawat


Jerawat dapat dihilangkan dengan berbagai macam cara, bisa dengan cara alami dan cara medis. Untuk menghilangkan Jerawat dengan alami biasanya menggunakan bahan-bahan herbal tanpa kimiawi, kamu bisa ketahui cara alami menghilangkan Jerawat disini. Sedangkan untuk cara medis biasanya dilakukan oleh para Dermatologi dengan menggunakan alat-alat kecantikan dan resep yang mengandung bahan kimia khusus untuk kulit.

Demikianlah dengan apa yang dimaksud dengan Jerawat, penyebabnya, jenis-jenis dan ciri-cirinya serta cara-cara menghilangkan Jerawat. Semoga artikel kecantikan kulit tentang Jerawat diatas bisa menambah info dan bermanfaat bagi kamu.

Masih belum mengerti apakah Jerawat itu? Baca lagi dari Atas.